Berikut Makna Logo dan Rangkaian Kegiatan Konfercab IPNU IPPNU Sidoarjo

banner 970x250

SIDOARJO – Konferensi Cabang (Konfercab) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) XXVIII Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) XXVII Sidoarjo akan digelar pada bulan Maret mendatang. Konfercab kali ini mengusung tema besar yaitu ‘Membumikan Peradaban, Melangitkan Perjuangan’.

Dalam menyambut perhelatan Konfercab mendatang, PC IPNU IPPNU Sidoarjo merancang berbagai kegiatan untuk menyambut perhelatan 2 tahunan tersebut. Mulai dari lomba fotografi, videografi, ekonomi kreatif, menulis essay, paduan suara, futsal, gobak sodor, pagelaran musik, seminar pelajar hingga penilaian IPNU IPPNU Sidoarjo Award.

Ketua Pelaksana, Afton Ilham Huda menyampaikan, sejumlah rangkaian kegiatan sebelum konferensi menjadi sarana untuk meningkatkan semangat berorganisasi di lingkup pelajar. Oleh karena itu, pihaknya juga menggandeng seluruh sekolah dan madrasah se Kabupaten Sidoarjo hingga instansi terkait seperti Dinas Pendidikan & Kebudayaan (DISPENDIKBUD), Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR), dan Dewan Kesenian Daerah Sidoarjo (DEKESDA) Kabupaten Sidoarjo.

“Partisipasi dan semangat pelajar NU menjadi penting dalam mensukseskan Konfercab nanti. Sebab akan menentukan arah perkembangan organisasi keterpelajaran NU ke depan,” ujarnya kepada NU Delta Media, Ahad (12/02/2023).

Afton mengajak agar seluruh kader IPNU IPPNU se Kabupaten Sidoarjo untuk berpartisipasi meramaikan berbagai kegiatan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Serangkaian kegiatan yang sudah dikemas ini merupakan perjalanan untuk menjadikan IPNU IPPNU Sidoarjo yang profesional, sesuai dengan bidangnya masing-masing,” terangnya.

Selain itu, PC IPNU IPPNU Sidoarjo telah mengenalkan logo resmi yang akan digunakan dalam Konfercab kali ini. Berikut makna dan filosofinya:

Filosofi Logo

Logo Konfercab PC IPNU IPPNU Sidoarjo Secara keseluruhan terinspirasi dari motif batik ‘Wahyu Tumurun’. Pola mahkota terbang yang menjadi motif utama menyimbolkan kemuliaan. Filosofinya menggambarkan pengharapan untuk mendapat petunjuk, berkah, rahmat, dan anugrah yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Secara khusus, motif ini menyiratkan kehidupan berumah tangga yang harmonis. Begitu juga dalam khidmah organisasi yang juga membutuhkan keharmonisan dan kebahagiaan untuk menjaga khidmah langgeng dan terjaga selama-lamanya.

Baca Juga  Paringati Tahun Baru Islam 1445 H, Siswa MIMAKET Diajak Semangat Berbenah Menjadi Pribadi Lebih Baik

Logo udang bandeng yang menggambarkan identitas dan kekayaan hasil bumi dan laut Sidoarjo.

Mahkota, menggambarkan kepemimpinan IPNU IPPNU Sidoarjo yang siap terbang tinggi untuk melangitkan perjuangan organisasi.

Bulat yang mewakili bentuk bumi berarti membumikan peradaban NU yang dapat menempatkan harkat dan martabat tertinggi sesama manusia dengan konsep Tri Ukhuwah

Warna hijau tosca, mempunyai arti keseimbangan, stabilitas emosi, ketenangan, dan juga kesabaran. Hal ini mencerminkan pribadi IPNU IPPNU yang elegan, anggun dan juga kalem.

Warna Oranye memiliki arti kreativitas, semangat, dan kehangatan. Mewakili percaya diri Pelajar NU dalam Konfercab PC IPNU IPPNU Sidoarjo dalam menata kemampuan serta optimisme menatap Abad ke 2 NU.

Pewarta: Maschan Yusuf

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *