Berita  

Bersama Kemristekdikti Unusida Ubah Cangkang Kerang jadi Makanan Bergizi

banner 970x250
Bersama masyarakat peserta workshop Penmas Teknik Kimia Fakultas Teknik Unusida.

Fakultas Teknik program pendidikan Teknik Kimia Universitas NU Sidoarjo (Unusida) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (Penmas) di daerah pesisir Kabupaten Sidoarjo. Tepatnya di Dusun Gisik Kidul, Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Penmas tersebut dilakukan untuk membantu mengatasi persoalan limbah cangkang kerang yang ada di sana, dengan mengubahnya menjadi bahan pangan bagi ternak.

Mengawali kegiatan penmas, mereka menggelar Workshop dengan menghadirkan dosen Teknik Kimia Qurrota A’yuni sebagai narasumber.

Dalam paparannya ia menjelaskan bahwa daerah Tambak Cemandi merupakan penghasil kerang yang cukup besar tapi terdapat satu permasalahan yaitu limbah cangkang kerang yang belum dimanfaatkan oleh masyarakat.

Akibatnya, timbul bau tidak sedap, bahkan penyakit. Padahal, cangkang kerang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan.

“Cangkang kerang ini kandungan kalsiumnya tinggi, sehingga cocok dijadikan nutrisi pakan ternak untuk penguat tulang dan telur pada ternak,” jelas A’yuni.

Melihat hal itu, ia mengajarkan masyarakat cara mengelola sekaligus menjadikannya usaha pembuatan pakan ternak dari cangkang kerang. Selain mengajari, pihaknya juga memberikan alat untuk pengolahan.

Baca Juga  Berharap Muncul Kader Baru di Konferancab Ansor Gedangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *