Berita  

Bule Australia Kunjungi Desa Plumbungan Guna Evaluasi Program LPBI NU

banner 970x250

SUKODONO – Lembaga Penangggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) bersama SIAP SIAGA yang didukung pemerintah Australia, melaksanakan kunjungan evaluasi program PKMM-CBA (Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Covid 19 dan Bencana Alam) di Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Rabu (31/8/2022) Siang.

Program PKMM-CBA ini sudah berjalan hampir 2 Tahun sejak awal pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia. Saat itu Pemerintah Desa Plumbungan dan Pengurus Nahdlatul Ulama’ Ranting setempat dengan sigap dan tanggap mengumpulkan para generasi muda potensial dan tokoh masyarakat untuk membahas pembentukan tim Satuan tugas serta Relawan Kelompok Kerja (Pokja) yang khusus menangani Covid-19 dan permasalahan lain di dalam masyarakat.

Diketahui terdapat 27 relawan Pokja yang direkrut, terdiri dari tokoh masyarakat, kader kesehatan serta para pemuda Desa Plumbungan yang diwakili oleh Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat, dan IPNU-IPPNU Ranting Plumbungan.

Sementara itu, Afif Khusni selaku Kepala Desa beserta relawan Pokja PKMM CBA bersiap menyambut kedatangan Mrs. Lucy Dickinson (Team Leader SIAP SIAGA) dari Australia, yang berkunjung untuk mengevaluasi program PKMM-CBA di Desa Plumbungan.

Afif Khusni menyampaikan, hal-hal yang dievaluasi oleh SIAP SIAGA dan LPBI NU Pusat ini antara lain, para relawan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19, pemantauan berkala perihal kondisi kesehatan masyarakat dan kelompok rentan, penyediaan fasilitas pendukung pencegahan infeksi COVID-19, dukungan kepada yang terdampak ekonomi selama COVID-19, serta dukungan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak COVID-19.

Dalam kunjungan yang dipusatkan di balai Desa Plumbungan ini, Mrs. Lucy melakukan pemantauan lapangan, melihat apakah tempat cuci tangan (Hand Wash) masih berfungsi dengan baik, juga memantau poster baliho edukasi di pinggir jalan, dan melihat perkembangan ekonomi masyarakat setelah mendapat bantuan modal usaha untuk memulihkan ekonomi mereka.

Baca Juga  Donasi Lazisnu Sidoarjo mulai Didistribusikan

Selain itu, di kunjungan singkatnya tersebut, perempuan Australia itu juga menyempatkan dialog bersama relawan Pokja dan Kepala Desa Plumbungan. Dalam sambutannya dengan bahasa Inggris, ia menyampaikan apresiasi kepada segenap relawan yang sudah bekerja keras mengabdi untuk masyarakat, sehingga masyarakat di Desa ini tidak mengalami dampak yang signifikan sebab pandemi corona.

Ali Yusuf selaku penanggung jawab program PKMM-CBA LPBI NU Pusat menyampaikan, bahwa Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono ini memang layak dipilih oleh SIAP SIAGA Australia, karena kreatifitas Kepala Desa serta relawannya membuat desa ini punya program unggulan yang bersumber murni dari swadaya masyarakat.

“Semoga program ini bisa berlanjut di masa mendatang,” cetusnya.

Senada, Kepala Desa Plumbungan juga berharap kepada Mrs. Lucy Dickinson untuk senantiasa mendukung program PKMM CBA  agar bisa berlanjut dan dikembangkan di Desanya.

“Semoga sarana prasarana yang sudah diberikan kepada masyarakat bisa bermanfaat dan tetap dirawat dengan baik, karena sangat berguna bagi warga Desa Plumbungan,” pungkasnya.

Pewarta: Ari Wahidi

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *