Kesetaraan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia

banner 970x250

Oleh: Artika Rusydiana Devi

Alumni Program Imtiyaz PP. Al-Hidayah Tanggulangin Sekaligus Mahasiswi Prodi PGSD Unusida Sidoarjo

 

Perkembangan dunia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, dari 4.0 menuju 5.0, baik dari segi ekonomi, budaya, teknologi maupun Sumber Daya Manusia (SDM), kemajuan-kemajuan tersebut didukung dengan pengetahuan, teknologi modern, serta SDM yang berkualitas. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu meningkatkan kualitas diri dengan menekankan ilmu pengetahuan sebagai kendaraan untuk terus melestarikan, mengembangkan, serta menciptakan hal-hal baru.

SDM sangat penting bagi kemajuan zaman saat ini, karena jika SDM rendah maka akan terjadi ketimpangan sosial yang tinggi antara SDM dengan majunya aspek-aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial budaya, dan sebagainya. Sedangkan di Indonesia sendiri SDM masih relatif rendah, masyarakat Indonesia kebanyakan masih belum menyadari pentingnya menjadi manusia yang berkualitas dan berintelektual, karenanya perlu adanya kesadaran diri masing-masing untuk meningkatkan SDM secara nasional.

Hal tersebut dapat terealisasikan dengan adanya kesetaraan pendidikan antara laki-laki dengan perempuan serta penanaman pemahaman sejak dini akan pentingnya pendidikan tinggi, dan pemerataan hak yang sama antara laki-laki dengan perempuan dalam hal pendidikan maupun aspek-aspek kehidupan yang lain.

Baca Juga  Imam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *