Penulis : Ummdah Izzatil Islam (TK Islam Nurul Ummah)
Pembelajaran yakni suatu proses yang mengakibatkan adanya proses belajar. Pengertian belajar Menurut Winkel (1997) yakni aktivitas yang membutuhkan fikiran dan tingkah laku berkala tanpa henti demi menghasilkan perubahan dalam pengelolaan suatu pemahaman. (Marisa, 2019). Dengan demikian tujuan belajar yakni memperoleh perubahan maksimal.
Pembelajaran berpusat pada anak karena pelaku utama dalam pendidikan yakni anak. Anak yakni suatu individu yang unik memiliki khas tersendiri. Anak akan berkembang sesuai potensi jika pihak eksternal dapat membantu keberlangsungan perkembangan anak. Dalam dunia pendidikan peran orang tua, guru dan lingkungan sangat menentukan perkembangan anak- anak membutuhkan pengalaman dan kesempatan untuk belajar.
Lembaga TK Islam Nurul Ummah yang dikepalai oleh Ibu Khalimatun Jahro, S. Pd memberikan kesempatan dan pengalaman mendalam pada segenap anak tingkat KB dan TK anak untuk mengenal profesi dan mengekspresikan dunia kerja dengan bermain edukatif dan interaktif di Kidzania. Adapun strategi dalam pelaksanaan kegiatan bermain edukatif dan interaktif yakni menciptakan pembelajaran yang melibatkan anak dan berpastisipasi secara utuh, menciptakan pembelajaran yang membutuhkan kerjasama, serta membentuk kelompok agar pembelajaran efektif.
Prinsip Pendidikan anak usia dini yakni ; mengembangkan kebutuhan anak, belajar dengan bermain, lingkungan yang mendukung, mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini, menggunakan media atau permainan edukatif, dan dilaksanakan berulang. Adapun Aspek perkembangan anak usia dini meliputi nilai agama dan budi pekerti, jati diri, dan dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni.
Dunia anak itu bermain, pembelajaran yang dibalut dengan bermain interaktif sangat memberikan kesempatan utuh kepada anak untuk proses memperkenalkan dan mengalami berbagai profesi dan pekerjaan yang ada di dunia nyata. Seperti halnya menggunakan peralatan dan perlengkapan seperti aslinya, mengikuti tahapan proses kerja, bermain peran sebagai pekerja sesuai minat anak. pembelajaran dengan bermain bagi anak usia dini yakni aktifitas yang sangat digemari sehingga aktivitas tersebut membuat anak antusias dan semangat belajar. Dengan demikian prinsip pendidikan anak dapat terlaksana dengan perkembangan kognitif yang sesuai.