Masjid Pertama dan Makam Keramat Pulau Lombok

banner 970x250

Masjid Baiturahman terletak di pesisir pantai sebelah utara pulau lombok, tepatnya di Dusun Bangsal, Desa Sorong Jukung, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Keberadaan Masjid Baiturrahman tidak terlepas dari kisah seorang ulama dari Banjar bernama Syaikh Muhammad Al Anwari Al Banjary yang dikenal masyarakat dengan sebutan Mbah Sruni.

Syaikh Al Anwari adalah seorang saudagar yang menyebarkan agama islam di wilayah pesisir yang juga dikenal sebagai tokoh penyebar Islam di Mataram.

Kehadiran beliau ke Pulau Lombok setelah jeda setengah tahun dari perginya Sunan Prapen meneruskan dakwahnya ke wilayah barat.

Mbah Sruni berdakwah mensyiarkan islam di pulau Lombok hanya seorang diri tanpa membawa keluarganya, jadi tidak ada keturunannya di sana.

Diceritakan bahwa silsilah Syaikh Al Anwari asalnya dari Jawa masih ada keturunan Sunan Kalijaga.

Syaikh Al Anwari meninggal dan dimakamkan dipemakaman umum yang terletak di sebelah timur Masjid Baiturrahman berjarak kurang lebih 200 meter. Disitulah makam seorang syaikh satu-satunya yang ada di pulau Lombok.

Terkait Masjid Baiturrahman, ada kearifan lokal masyarakat Lombok waktu dulu, yakni jika akan membangun masjid, terlebih dahulu mengambil tanah dari masjid Baiturrahman. Kemudian tanah itu diletakkan di lokasi atau tempat masjid itu akan dibangun, baru kemudian mendirikan.

Baca Juga  Pemanfaatan Teknologi Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *