PAC Fatayat NU Prambon Adakan Ngaji Bareng Seputar KDRT

banner 970x250

PRAMBON – PAC Fatayat NU Prambon mengadakan Diba’ Kubro dan Ngaji Bareng Seputar Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Ahad (18/09/2022) di Balai Desa Cangkring Turi, Prambon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah MWCNU Prambon, PLT Camat Prambon, Kepala Desa Cangkring Turi dan sahabat-sahabat Fatayat NU se-kecamatan Prambon. Pengajian tentang KDRT disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Prambon, Drs. H. Juwari, Sr.

Ning Nafis, sapaan Ketua PAC Fatayat NU Prambon menyampaikan, selama ini yang menjadi korban KDRT adalah perempuan dan anak-anak. Oleh karenanya, kajian ini perlu disampaikan pada sahabat-sahabat Fatayat. Ia berharap seluruh peserta yang hadir benar-benar menyimak kajian tersebut, agar dapat mencegah dan menyikapi kasus-kasus KDRT.

“Hari ini kita semua berkumpul bersama H. Juwari, difasilitasi oleh fatayat untuk ngaji bareng dan optimalisasi pendampingan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, ilmu ini mohon disimak dengan baik,” ujar Ning Nafis.

H. Juwari menyampaikan bahwa ada beberapa faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

“Penyebab KDRT yang pertama adalah faktor ekonomi, kemudian faktor hubungan tidak seimbang, status sosial yang tidak seimbang antara suami dan istrinya, entah si istri yang kerja atau bedanya tingkat pendidikan, kemudian tradisi dan budaya, frustasi dan yang terakhir adalah perselingkuhan,” ujar beliau.

Beliau juga menyampaikan bahwa solusi KDRT ada tiga; pertama, mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan Iman, Islam dan Ihsan. Kedua, membangun pola pikir yang baik dengan bersyukur, bersabar serta ikhlas dan ridho kepada Allah SWT. Kemudian, memandang pasangan sebagai pasangan yang terbaik.

“Baik suami dan istri perlu saling mendukung dan pengertian agar tercipta hubungan keluarga yang harmonis dan jauh dari KDRT,” lanjut beliau.

Baca Juga  Kades Tambakrejo Dukung Penuh Program Madrasah Membangun Madrasah PCNU Sidoarjo

Selain membahas tentang KDRT, pada acara Diba’ Kubro tersebut juga ada pengajian rutin “Lubabul Hadist” yang disampaikan oleh Ibu Nyai Murdhi’ah. Kegiatan yang dihadiri oleh 500 sahabat PAC Fatayat NU se-kecamatan Prambon tersebut berlangsung lancar dan khidmat.

Pewarta : Noven Lukito HS

Editor: Emzed Ef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *