Berita  

PCNU Sidoarjo Gelar Apel Hari Santri Secara Virtual

banner 970x250

SIDOARJO-Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar apel nasional Hari Santri 2022 secara serentak, Sabtu (22/10/2022). Apel nasional akan diikuti jutaan santri di 528 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya, di Halaman Kantor PCNU Sidoarjo. 

Kegiatan tersebut digelar secara virtual mulai 06.30 hingga 07.30 WIB. Peserta apel yang terdiri dari para ulama, santri pondok pesantren, lembaga dan banom NU Kabupaten Sidoarjo dengan seksama dan tertib mengikuti proses rangkaian kegiatan apel.

Dilansir dari laman Wikipedia, Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH.  Muhammad Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Sekutu ini adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentara Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Sementara, Ketua PCNU Sidoarjo, KH. M Zainal Abidin menjelaskan, upacara hari santri di Tahun 2022 ini, memang lain daripada kebiasaan. Ini memang anjuran dari pengurus besar Nahdlatul Ulama seluruh Indonesia, dilaksanakan melalui virtual.

“Untuk itu, supaya bisa tetap menyambutnya, dan bersama-sama memperingati hari santri. Ke depan, santri harus bisa lebih kreatif, dan yang terpenting santri tidak boleh meninggalkan adab,” ujar KH M Zainal Abidin yang juga mempunyai kajian rutin kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya Hadratus Syaikh KH M Hasyim Asy’ari.

Santri juga harus bisa menjaga perdamaian dunia harus bisa menjaga keutuhan NKRI dan santri harus selalu menebar kedamaian kemaslahatan dan untuk kesejahteraan baik untuk organisasi pada umumnya untuk umat manusia.

Baca Juga  Hadirkan Pecinta Shalawat, MINU Krembung Diserbu Ribuan Jama'ah

“Alhamdulillah, PCNU Kabupaten Sidoarjo ini  di bidang prestasi, sebelumnya telah memenangi NU Award Jawa Timur. Baru saja kita juga mengadakan PCNU Sidoarjo Award, dan untuk penyerahan trofinya akan kita serahkan besok Ahad (23/10) bersamaan acara ‘Sidoarjo Bershalawat dan Peringatan Hari Santri Nasional 2022’ di Masjid Agung Sidoarjo yang kita gelar,” pungkasnya.

Pewarta: Zaim Muhammad

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *