Pendidikan UKS MINU KH Mukmin Latih Siswa Jadi Dokter Cilik

banner 970x250

SIDOARJO – Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Kiai Hasan Mukmin Sidoarjo melaksanakan kegiatan kaderisasi “Dokter Cilik” Jum’at (16/12/2022).

Banyaknya UKS yang tidak aktif menjadi alasan MINU terbaik di Sidoarjo tahun 2022 ini melaksanakan kegiatan tersebut. Retno Winarti selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan mengatakan, kegiatan ini bertujuan membekali siswa-siswi belajar mengelola UKS. Dengan kegiatan ini siswa akan mendapat ilmu yang selanjutnya dipraktikkan.

“Alhamudillah siswa-siswi sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan kaderisasi dokter cilik ini,” katanya kepada NU Delta, Sabtu (17/12/2022) pagi.

Melalui kaderisasi dokter cilik ini, madrasah bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), memberikan edukasi kesehatan kepada siswa. Harapannya siswa bisa melakukan pertolongan pertama sederhana kepada teman sebayanya yang membutuhkan pertolongan.

“Kami berharap setelah kegiatan ini kegiatan UKS di madrasah lebih aktif lagi dari sebelumnya. Sekaligus persiapan jika ada lomba UKS ke depannya,” terangnya.

Dari Puskesmas siswa MINU KH Mukmin mendapat beberapa materi seperti  administrasi UKS, avulsi gigi, pertolongan pertama, dan zat gizi pada makanan. Setelah ini para dokter cilik akan diminta mempraktikkan ilmu yang didapat untuk membantu UKS dengan piket secara bergiliran.

Diketahui UKS MINU KH Mukmin saat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti bed pasien, pengukur tinggi badan, pengukur berat badan, obat-obatan, kompres hangat dan dingin, tas P3K, tandu, dan bidai.

Pewarta: Boy Ardiansyah

Editor: Emzed Ef

Baca Juga  Demi Tetap Sehat, Fatayat NU Prambon Rutinkan Senam Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *