Peran Guru dalam Penguatan Nilai-Nilai Islam di Era Digital di Bulan Ramadhan dalam  Perspektif  IPS

Penulis : Ifa Ratnasari,S.Sos.I,S.E  ; MTs Nurul Hidayah Krian

Di era digital, peran guru semakin kompleks dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada  siswa, terutama di bulan  Ramadhan yang merupakan momen refleksi dan peningkatan spiritualitas.  Salah satu cara efektif untuk  mengajarkan sejarah Islam dan kontribusi peradaban Islam dalam  bidang sosial-ekonomi adalah dengan memanfaatkan media digital.

Media Digital dalam Pembelajaran Sejarah Islam Selama Ramadhan

Pemanfaatan media digital dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sejarah Islam. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Alwi et al. (2023), penggunaan media interaktif seperti video edukatif, podcast Islami, dan aplikasi pembelajaran dapat membantu siswa memahami perkembangan Islam dari masa ke masa. Guru dapat menggunakan platform seperti YouTube, Google Classroom, dan aplikasi e-learning lainnya untuk memberikan materi sejarah Islam yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Selama bulan Ramadhan, pembelajaran dapat difokuskan pada peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi di bulan suci ini, seperti turunnya Al-Qur’an dan kemenangan umat Islam dalam Perang Badar. Dengan menggunakan infografis dan peta interaktif, siswa dapat lebih memahami bagaimana Islam berkembang secara geografis dan sosial.

Baca Juga  Langkah  untuk Masa Depan Bumi Berkelanjutan
Writer: Ifa RatnasariEditor: Boy Ardiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *