Songsong Abad Kedua, NU gelar Halaqoh Inovator Jago Membuat Robot

banner 970x250

SIDOARJO – Menyambut acara Resepsi Puncak 1 Abad NU, acara demi acara terus dilakukan oleh panitia maupun berbagai kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU) di tingkat ranting, MWC, maupun cabang.

Dalam rangkaian kegiatan pra Resepsi Puncak 1 Abad tersebut panitia menggelar kegiatan Halaqoh Inovator dengan tema “Jago Membuat Robot” di venue Gebyar UMKM Nahdlatut Tujjar di Alun alun Sidoarjo pada Senin petang (6/2/2023).

Acara Halaqoh tersebut menghadirkan tim Technoe Institut asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai pembicara, tim yang dipimpin oleh Muhtadiin ST MT tersebut sebelumnya berhasil menjuarai Kontes Robot Seni Tari Nasional  dan berhasil menjadi juara 3 di event RoboCup International di bangkok.

“Di sini saya ingin menunjukkan bahwa tim saya ini asli NU dan kami berhasil membuat inovasi di bidang robotika dan riset robot humaoid yang akan kami demokan di event ini,” ujar Muhtadin.

Ia menjelaskan bahwa motivasinya adalah menunjukkan bahwa warga Nahdliyin yang seringkali dicap ndeso dan anak pesantren mampu berkontribusi dan berkarya di bidang teknologi khususnya di bidang robotika.

“Semua tim saya backgroundnya dari pesantren, madrasah aliyah, dan Nahdliyin tulen. Di sini kami ingin menunjukkan bahwa generasi muda NU tidak kalah dengan kelompok lain di bidang teknologi dan ini tentunya juga memotivasi generasi muda yang lain untuk bergerak dan berprestasi di bidang robotika,” bebernya.

Ia berharap di Abad Kedua nanti semakin banyak generasi NU yang berkarya di dunia teknologi sehingga bisa menjadi bermanfaat bagi dunia teknologi yang semakin maju.

“Saya harap di abad kedua NU bisa menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya teknologi, tidak hanya di robotika tapi di bidang teknologi yang lain, dan saya harap penguasaan teknologi ini juga menyentuh di nahdliyin akar rumput,” pungkasnya.

Baca Juga  Pengurus Ranting NU Durungbedug Dirikan Madrasah Diniyah

Pewarta: Muhammad Al Haykal

Editor: Mustain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *