Berita  

Tips Sehat di Momen Idul Fitri dari Ahli Gizi RSI Siti Hajar Sidoarjo

banner 970x250

SIDOARJO – Hasil Sidang Isbat Kemenag RI menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, (22 /04/2023). Keputusan Lebaran 2023 jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 disampaikan Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Qoumas setelah sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama, Kamis (20/4/2023).

Idul Fitri merupakan momen istimewa umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia pada momen idul fitri adalah saling mengunjungi saudara, kerabat dan teman untuk saling bermaaf-maafan. Berbagai macam hidangan akan disajikan di tiap-tiap rumah untuk menemani obrolan dari kata per kata.

Pola makan setalah puasa harus tetap dijaga. Terutama perubahan metabolisme lemak dan protein. Ahli Gizi Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, Yuniati, S,Gz memaparkan beberapa hal yang perlu  diperhatikan untuk menjaga kesehatan di momen idul fitri antara lain :

  1. Batasi makanan berlemak transgenik atau berlemak jenuh yang biasa terdapat pada  kue kering serta makanan yang bersantan yang dipanaskan berulang.
  2. Kosumsi sayur dan buah minimal lima porsi sehari.
  3. Juga mengkosumsi air putih agar bisa membantu menyehatkan pencernaan.
  4. Batasi kosumsi garam dan gula secara berlebihan.
  5. Imbangi dan tingkatkan aktifitas fisik minimal tiga puluh menit per hari.

Semoga tips sehat ini bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga  Jelang Hari Raya, LAZISNU Kemantren Tulangan Santuni Ratusan Dhuafa dan Anak Yatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *